Keunggulan Google crome


Sudah lama sebenarnya saya mendengar browser teranyar besutan Google ini. Ya, Google Chrome menambah satu lagi deretan mesin penjelajah internet. Seperti produk Google lainnya, Google Chrome ini juga dapat kita unduh dengan gratis. Selama ini saya selalu mengandalkan Firefox sebagai alat kerja saya mencari uang di internet.  Oleh karena itu saya coba melihat perbedaan antara Firefox dengan Chrome. Tapi ada yang menarik disini, selama ini project non profit yang membuat Firefox di danai oleh Google, bahkan dari apa yang saya baca, Google adalah penyumbang terbesar untuk Firefox dengan kompensasi Google menjadi default search engine di Firefox. Entah bagaimana nantinya, karena Google sekarang membuat sendiri browser internet yang di perkirakan bisa memakan market share dari Firefox.
Perbedaan yang terasa pertama kali adalah saya tidak menemukan dukungan plug-ins yang selama ini saya sukai dari Firefox tapi ngga papa lah wong juga namanya masih vesi Beta, apapun masih bisa terjadi di versi rilis penuh-nya nanti.
Berikut adalah keunggulan Google Chrome dari Firefox dari kacamata saya (padahal saya tidak pakai kacamata meskipun silinder 2 hehehe…):

  1. Firefox selama ini di kenal rakus akan memory komputer kita. Dan saya telah membandingkannya untuk penggunaan memory antara Chrome dan Firefox.

Dari gambar di atas, Firefox memang memakai memory lebih banyak. Lain dengan Firefox

yang memakai memory di atas nama satu aplikasi, Chrome membedakan pemakaian memory

antara engine-nya sendiri dan setiap tab yang di buka. Kalau anda menjumlahkan total

memory yang di gunakan Chrome dengan Firefox maka Firefox tetap memakai memory lebih

banyak.

2. Masih bicara masalah management memory Google Chrome, Google Chrome menjanjikan

pengaturan memory yang lebih secure, artinya jika ada satu tab yang halted/hang, maka

kita cukup menutup tab yang bermasalah tersebut tanpa mengganggu tab terbuka yang

lainnya.


3. Incognito Window, fitur yang satu ini memungkinkan kita mengunjungi suatu alamat

website tanpa kuatir akan jejak yang di tinggalkannya (cocok buat yang sering akses

situs ehmmm ehmmm tanpa kuatir ketahuan istri hehehe). Nama keren yang lainnya adalah

Private Browsing.



4.Kita cukup mengetikkan kata yang ingin kita cari di address bar dan Google Chrome akan

memberikan beberapa saran situs yang berhubungan dengan kata yang sedang anda cari.

Misal, saya akan mencari tentang “Palm Tungsten”, maka Chrome secara otomatis akan

memberikan saran, jika anda cocok tinggal klik saja.


5.Kustomisasi (benar ngga sih ada bahasa serapan ini?) mesin pencari. Tentu secara

otomatis Chrome akan memakai mesin pencari Google setiap anda mengetikkan kata di

address box tapi anda dapat menggantinya di opsi-nya dan hebatnya lagi, Chrome

mendeteksi lokasi saya, hal ini bisa terlihat bahwa Yahoo Indonesia-lah yang muncul

sebagai alternatif mesin pencari lainnya.


6. Seperti di Opera, Chrome juga menyediakan semacam speed dial yang menampilkan

situs-situs yang sering kita kunjungi setiap kita membuka tab baru atau kita baru

membuka Chrome.


Sumber: http://www.edisusanto.com/google-chrome-beta-vs-firefox/

Baca Juga Speed test berbagai browser
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url