PARIWISATA INDONESIA | TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Selamat pagi Sobat Blogger sekalian, kali ini saya mencoba untuk menulis sesuatu yang sedikit berbeda dari biasanya, karena topik kali ini adalah tentang Pariwisata di Indonesia dalam rangka meramaikan kompetisi blog untuk Hari Ulang Tahun Komunitas Blogger Nganjuk yang ke -3 tahun. Mungkin dari sekian banyak tempat pariwisata yang indah di Indonesia di antaranya adalah tempat pariwisata air atau peninggalan bersejarah yang banyak di pulau jawa, tapi saya akan sedikit mereview tempat pariwisata alam yang ada di tempat kelahiran saya di propinsi Lampung.

INFORMASI UMUM TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS:
Lokasi: Kab. Lampung Tengah dan kab Lampung Timur, Propinsi Lampung, Indonesia
Luas Lahan: 125.621,3 hektar
Temperatur udara 28° - 37° C
Curah hujan 2.500 - 3.000 mm/tahun
Ketinggian tempat 0 - 60 m. dpl
Letak geografis 4°37’ - 5°15’ LS, 106°32’ - 106°52’ BT

Nah lalu bagai mana cara menuju ke TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS??
1. Bandar Lampung - Metro- Way Jepara : Sekitar 2 Jam dengan Mobil (112 Km)
2. Branti - Metro - Way Jepara : sekitar 1,5 Jam (100 Km)
3. Bakauheni - Panjang - Sribawono - Way Jepara : sekitar 3 jam (170 Km)
4. Bakauheni - Labuan Meringgai - Way Kambas : sekitar 2 Jam

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS bukan saja rumah bagi gajah-gajah sumatera melainkan terdapat beberapa satwa lainnya antara lain HARIMAU SUMATERA, BADAK SUMATERA, TAPIR, ANJING HUTAN, BABI HUTAN dan beberapa satwa lainnya kurang lebih 50 spesies mamalia dan sekitar 406 jenis burung serta berbagai macam jenis flora.


SCREEN SHOOT
Badak Sumatera

Gajah Bermain Bola

Kawasan Taman Nasional Way Kambas

Berkeliling Tamana Nasional Way Kambas
Babi Hutan Taman Nasional Way Kambas

Gajah Sumatera

Pawang sedang memandikan Gajah

Pawang memberi Minum gajah

Saya & Teman di taman nasional way kambas :)



VIDEO





AKOMODASI

Way Kanan Resort
Merupakan resort yang biasanya di kunjungi untuk penelitian dari dalam negeri maupun luar negeri, yang berjarak kurang lebih 13 Km dari pintu masuk Plang Ijo.dimana pengunjung dapat melakukan touring dengan kapal boat di dampingi oleh polisi kehutanan di sungai yang masih alami.

Pusat Latihan Gajah
Pusat latihan gajah (PLG) yang merupakan objek wisata utama di TN Way kambas yang biasanya di kunjungi untuk berlibur. Di tempat ini juga di sedikan penginapan di sekitar kolam pemandian gajah dan kandang gajah.

Perkemahan 
Nah buat yang suka dengan camping di alam disediakan lokasi untuk berkemah di pintu masuk Plang ijo yang biasanya di gunakan untuk kegiatan pramuka, wanabakti dan acara kemah dari berbagai daerah.


Di Taman Nasional Way Kambas beberapa gajah liar dilatih menjadi gajah yang jinak sehingga para pengunjung dapat berinteraksi untuk berfoto, menunggangi, atau Tour dengan kereta gajah untuk berkeliling TN Way Kambas.
Dan yang paling di tunggu oleh para pengunjung adalah ATRAKSI dari gajah-gajah yang terlatih diantaranya Joged Dangdut ala Gajah sumatera, Sepak Bola Gajah, serta aksi-aksi menegangkan dengan mengundang pengunjung untuk berbaring di lantai dan gajah yang sudah terlatih akan melalui/melewati para pengunjung yang berbaring, jadi jika Anda ingin uji nyali silahkan coba atraksi yang satu ini :)

Di TN Way Kambas para pengunjung dapat melihat langsung habitat gajah-gajah sumatera secara langsung dimana gajah-gajah makan, dimandikan oleh para pawang gajah dan proses melatih gajah-gajah liar.

Nah buat para penggemar journey untuk berlibur ada baikanya berkunjung ke TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS untuk mengisi hari libur bersama keluarga dan untuk mengenalkan alam serta satwa kepada anak-anak serta untuk mendukung program pemerintah Visit Indonesia. :)

Nah buat rekan-rekan bloger sekalian yang ingin ikut memeriahkan HUT Komunitas Bloger Nganjuk juga bisa mengikuti lomba menulis ini silahkan kunjungi website resminya. 

MAJU TERUS PARIWISATA INDONESIA

Next Post Previous Post
1 Comments
  • pariwisata indonesia
    pariwisata indonesia 10 Apr 2013, 18.41.00

    Memang kalau membicarakan soal pariwisata indonesia gak akan pernah habis... sebab indonesia adalah negara kepulauan yang di ciptakan sebagai pusat pariwisata dunia...

Add Comment
comment url